Rabu, 25 Desember 2019

Berekspresi Dalam Seni Rupa

Bab 6 Berekspresi Dalam Seni Rupa

Pelaksanaan aktivitas kreasi seni lukis adalah kegiatan merealisasikan konsep seni sebagai ekspresi.Konsep yang mendasarkan sumber inspirasi seni dipetik dari kehidupan psikologis pelaku kreatif.

A.Berekspresi

  1. Mengamati : siswa melaksanakan pengamatan terhadap realitas internal kehidupanspiritualnya.
  2. Menanyakan :tanyakan pada diri sendiri ,gejala kejiwaan mana yang paling menjadi masalah,yang paling penting untuk diekspresikan lewat kegiatan penciptaan lukisan.
  3. Mencoba :cobalah mereka-reka wujud visual gagasan tersebut dalam imajinasimu ,lalu buatlah sketsa-sketsa alternatif bagaimana rupa karya lukisan yang kamu inginkan ,apakah figuratif menyerupai bentuk-bentuk alamiah ,semi figuratid karena telah mengalami distorsi dari bentuk alamiahnya.
  4. Menalar : dari sejumlah sketsa yang telah kamu buat itu,analisis kekuatan dan kelemahan setiap sketsa.Baik dari aspek konseptual,visual,dan kemungkinan penggunaan media (bahan baku seni )teknik berkarya yang sesuai,dan tetapkan salah satu sketsa yang paling representatif memenuhi harapan kamu.
  5. Menyajikan :pengertian penyajian sebuah lukisan ,tidak sama dengan penyajian makalah dalam kegiatan diskusi.

B.Rangkuman

    Berekspresi adalah salah satu kebutuhan hidup manusia.Realitas internal kehidupan spiritual siswa membutuhkan penyaluran ,agar dapat mencapai keseimbangan kehidupan rohaniah yang sehat.         proses mengamati,menanyakan,mencoba,menalar,dan menyaji adalah aktivitas proses kreasi yang lebih bersifat objektif ,dengan memadukan realitas internal yang subjektif melalui pendekatan objektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar