Selasa, 24 Desember 2019

Bab 5 BERKARYA SENI RUPA TIGA DIMENSI  DENGAN MEMODIFIKASI OBJEK


A.Pengertian Seni Rupa Tiga Dimensi

       Seni rupa tiga dimensi adalah            karya yang memiliki dimensi                panjang, dimensi lebar dan dimensi
    tinggi.

B.Fungsi Seni Rupa Tiga Dimensi

       Karya seni rupa tiga dimensi pada
umumnya diciptakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan karya-karya seni rupa murni (patung, relief, monumen ) serta seni rupa terapan (desain dan kriya ) seperti desain industri, desain interior , kriya rotan, kriya logam, kriya kayu dan lain sebagainya.

C.Memodifikasi Objek

     Berkarya dengan memodifikasi objek berarti mencipta berdasarkan bentuk objek tertentu, baik yang sifatnya objek alamiah ( ciptaan tuhan) maupun yang sifatnya objek buatan  ( ciptaan manusia ), baik objek makhluk hidup maupun objek benda mati. Seperti telah dikemukakan sebelumnya, di sini memodifikasi berarti ( memindahkan, membalik, memiringkan, mengubah ukuran, memutar, menghapus, menggabung, memecah, mendistorsi,
menyederhanakan ) dan lain sebagainya.
   

D. Tugas Berkarya Tiga Dimensi

      Menyadari beragamnya kondisi sekolah di Indonesia, maka pembelajaran seni budaya, khusus-nya untuk seni rupa diperlukan pendekatan yang bijaksana. Jika sarana dan prasarana telah tersedia (misalnya sanggar seni rupa ) teknik-teknik pematungan seperti yang menggunakan gips, kayu, semen, fiberglass, resin, bisa diterapkan.
     Akan tetapi jika kondisi sekolah masih terbatas, pembelajaran bisa menggunakan bahan plastisin, tanah liat, bubur kertas, atau menggunakan bahan baku barang bekas. Proses pembelajaran mematung juga bisa dilakukan di luar kelas, sepanjang peserta didik dan guru bekerja sama menjaga kebersihan sekolah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar